SINOPSIS IBN AL-HAYTHAM: PEMBAWA CAHAYA SAINS

 Cover FInal

Namanya adalah Abū ʿAlī al-Ḥasan ibn al-Ḥasan Ibn al-Haytham, masyarakat eropa mengenalnya dengan nama Alhazen. Ibn al-Haytham adalah salah satu saintis besar muslim yang hidup antara tahun 965-1038 M. Sosoknya unik dan kisah perjalanan hidupnya penuh liku. Jika anda pernah menyaksikan kisah hidup seorang ahli matematika pemenang Nobel John Forbes Nash yang ditampilkan dalam film A Beautiful Mind, anda harus mengetahui perjalanan hidup Ibn al-Haytham yang tak kalah seru, kisah hidupnya penuh dinamika: Ia pernah dipenjara oleh penguasa Mesir atas usahanya menanggulangi banjir sungai Nil, uniknya ia pernah dikisahkan menunjukkan perangai seperti orang hilang ingatan, tetapi ia juga diriwayatkan mengembalikan upah mengajarnya sebesar 3600 dinar dan tidak mau menerima gaji seorang penguasa, kecuali untuk keperluannya sehari-hari. Ia seorang prolific tulen karyanya mencapai lebih dari 185 buah, ia juga nseorang polymath sejati sebab karyanya meliputi berbagai bidang keilmuan seperti matematika, fisika, astronomi, metafisika, anatomi tubuh, akuntansi hingga kaligrafi.

Namanya sering dikaitkan dengan camera obscura yang merupakan cikal bakal kamera saat ini; ia memperkenalkan nama bagian-bagian mata yang kita kenal melalui terjemah Latinnya seperti vitreous humour, aqueous humour, retina, kornea, dan lain-lain; ia meredakan polemik beratus tahun lamanya tentang teori penglihatan; memunculkan permasalahan klasik dalam matematika di mana dunia mengenalnya dengan Alhazen’s Problem yang baru dapat dipecahkan secara eksak pada 1997 lalu oleh matematikawan Oxford Peter Neumann dan yang lebih penting ia juga disebut Robert Briffault dan ramai sarjana Timur maupun Barat sebagai peletak dasar metoda saintifik yang digunakan masyarakat sains saat ini, benarkah semua fakta ini?

Meski mungkin tak banyak saat ini generasi muda muslim di tanah air yang mengenal sosoknya, tetapi ahli astronomi berkebangsaan Polandia Johannes Hevelius (1611-1687) dalam karya astronominya Selenographia Sive Lunae Descriptio pada 1647 memberi ilustrasi menarik pada sampul depan bukunya. Ilustrasi tersebut menggambarkan dua sosok dalam keadaan tegak berdiri memegang gulungan besar yang memuat judul buku. Salah satu sosok itu adalah Galileo Galilei sang jenius eropa; yang lainnya adalah Ibn al-Haytham. Galileo memegang teleskop sebagai simbol eksperimen, sementara Ibn al-Haytham memegang gambar-gambar geometris sebagai lambang dari pembuktian matematis. Mengapa Hevelius memberikan penghargaan sedemikian tinggi kepadanya? Pada tahun 1651 Gianbattista Riccioli menerbitkan sebuah buku berjudul Almagestum Novum yang memuat peta permukaan bulan, ia menamakan sebuah kawah bulan sekitar 32 kilo meter lebarnya berada di koordinat 15.9°N 71.8°E sebagai Alhazen, mengapa Ibn al-Haytham diberi kehormatan seperti itu?

Namanya bersanding dengan para sarjana besar Eropa di abad pertengahan seperti Roger Bacon, Friedrich Risner, Albertus Magnus, Snellius dan lain-lain, namun menariknya dua sejarawan seperti al-Qifṭī dan al-Bayhaqī menggambarkannya sebagai sosok yang zuhud, wara, pengagung shariʿat namun juga pekerja sains yang kritis dan pekerja keras. Sulit menemukan kombinasi dua hal semacam ini dalam satu sosok pada masa sekarang.

Jika anda terutama peminat sains, generasi muda muslim, para pendidik tertarik mengenal sosoknya, buku ini tepat untuk anda. Dilengkapi dengan berbagai data dan fakta menarik, rujukan pada beberapa sumber primer, dan mencoba memberikan gambaran bagaimana saintis muslim di masa lalu berkiprah dalam dunia sains, buku ini mudah-mudahan memberikan sumbangan bagi dunia sains Islām di tanah air. Insha Allāh.

Untuk pemesanan silakan ke :
http://pimpin.or.id/?p=178

Advertisements
Video | This entry was posted in buku and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s